Kamis, 08 Desember 2011

Cara terbaru Membasmi Virus Shortcut

Cara terbaru Membasmi Virus Shortcut


Serangan virus komputer sepertinya tidak akan pernah mati. Bahkan semakin menjadi-jadi saja. Sudah banyak korban yang berjatuhan oleh serangan bermacam virus. Termasuk komputer saya :hammer. Di sini saya tidak bisa menyebutkan satu-satu nama dari virus, soalnya banyak banget, dan kalau saya sebutin satu per satu nggak bakalan selesai-selesai nih postingannya :-D.

Baru saja sebuah virus menyerang laptop kesayangan saya. Setiap kali flashdisk saya tancapkan, virus langsung menyebar ke flashdisk saya, mengcloning folder, dan menyembunyikan folder yang asli. Entah apa namanya, tapi saya sebut sebagai virus shortcut, karena virus ini akan membuat banyak shortcut saat flashdisk di tancapkan di laptop saya. Ini adalah contoh flashdisk yang telah kerasukan roh halus..eh salah..kerasukan virus shortcut :



Keterangan:
virus = yang saya lingkari dengan warna biru
folder yang disembuyikan = kotak warna merah

Setelah kita mengatahui bagaimana perwujudan virus tersebut,langkah selanjutnya adalah bagaimana cara menghilangkan virus tersebut. Disini saya akan berbagi pengalaman, bagaimana saya bisa membasmi virus tersebut.Langkap pertama yang saya lakukan adalah mengetahui dimana virus itu bersembunyi. Untuk mengetahuinya, saya buka registry editor dengan cara mengetikan perintah regedit. Bagi yang belum tahu, nanti saya kasih tahu :-D. Kemudian saya cari virus tersebut. Dan di ketahuilah bahwa virus tersebut menempel di user account saya.



Kemudian setelah saya check di user account saya , ternyata benar virus tersebut menempel di sana. Bisa dilihat digambar berikut ini :



Karena virus tersebut menempel di user account saya, saya mengambil langkah untuk membuat user account baru.

Langkah membuat user account
Disini saya akan memberi tahu bagaimana cara membuat user account baru, bagi yang sudah tahu caranya, boleh tidak membaca bagian ini. Untuk yang belum tahu, saya akan mengajarinya :
1. Buka Control Panel, kemudian pilih user account

2. Kemudian Pilih "Create a new account"




3. Isikan nama untuk user account baru anda, di kolom "Type a name for the new account". Nama jangan sama dengan nama user account sebelumnya.



4. Langkah selanjutnya adalah memilih type account. Pilih "Computer Administrator", kemudian klik "Create Account"



Dan setelah user account baru terbentuk, kemudian restart komputer atau laptop. Untuk kemudian kita log in, dengan menggunakan user account yang baru. Karena kita akan menghapus user account yang lama (yang terjangkit virus).

Menghapus User Account

Untuk menghapus user account, bisa dilakukan dengan jalan sebagai berikut:
1. Buka Control Panel --> User Account --> kemudian kita pilih user account yang mau kita hapus..kemudian pilih "Delete Account"




2. Pilih "Keep Files", supaya File yang kita simpan di My Document tetap aman dan tidak di hapus.




3. Langkah selanjutnya adalah mengahapus account tersebut, dengan mengklik tombol "Delete Account"



Setelah account yang lama saya hapus, kemudian saya mengecek user account saya yang baru dan setelah saya check, taraaaaaaa…laptop saya sudah bersih dari virus. shortcut.

Sebagai bahan pengetesan, saya kemudian menancapkan flashdisk di laptop saya, dan hasilnya bersih..tidak ada serangan dari virus tersebut :-D

Demikian sharing saya. Semoga melalui pengalaman saya ini, bisa membantu rekan-rekan sekalian yang menghadapi permasalahan seperti yang saya hadapi.

sumber: http://klikbaca.blogspot.com/2010/08/cara-terbaru-membasmi-virus-shortcut.html

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates